Flash fiction adalah karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek (cerpen). Walaupun tidak ada ukuran jelas tentang berapa ukuran maksimal sebuah flash fiction, umumnya karya ini lebih pendek dari 1000 atau 2000 kata. Sebagai perbandingan, ukuran cerita pendek (cerpen) berkisar antara 2.000 dan 20.000 kata.

Rabu, 16 Februari 2011

Kisah Macan dan Tiga Pemburu

Seekor macan tampak sedang beristirahat di bawah sebuah pohon yang rindang menghindari panas matahari yang terik. Tak jauh dari tempat itu, tiga orang pemburu mengamati sang macan. Salah seorang dari pemburu berkata kepada teman-temannya, "Teman saya dari desa tetangga pernah diterkam macan. Lebih baik kita membunuh macan itu atau kita juga akan bernasib sama dengan teman saya itu. Dengan begitu kita akan merasa lebih aman berburu rusa di tempat ini."

Dengan serta-merta ketiga pemburu melemparkan tombak ke arah sang macan. Sang macan terkejut dan melompat menghindari tombak-tombak itu. Karena tak berhasil melempari macan dengan tombak, ketiga pemburu melempari sang macan dengan batu-batu yang ada di sekitar mereka. Sang macan mengaum dan menyerang ketiga pemburu.

Beberapa saat kemudian, sang macan pun pergi meninggalkan ketiga pemburu yang sudah tak bernyawa lagi.

Tidak ada komentar:

Baca Juga Flash Fiction di Bawah Ini