Flash fiction adalah karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek (cerpen). Walaupun tidak ada ukuran jelas tentang berapa ukuran maksimal sebuah flash fiction, umumnya karya ini lebih pendek dari 1000 atau 2000 kata. Sebagai perbandingan, ukuran cerita pendek (cerpen) berkisar antara 2.000 dan 20.000 kata.

Kamis, 02 Juni 2011

Yang Terlalu Lama Tersimpan

Arif bertemu kembali dengan Hani setelah sekian lama. Mereka pun berbincang membicarakan masa-masa sekolah mereka dulu, ketika mereka masih satu kelas. Kini mereka bertemu kembali setelah masing-masing dewasa dan memiliki pekerjaan. Satu hal yang ingin Arif lakukan, mengungkapkan sesuatu tentang perasaannya kepada Hani yang dulu disimpannya rapat-rapat.

Namun sepertinya itu akan sia-sia. Hani mengungkapkan bahwa dirinya akan segera pergi jauh dan menetap di luar negeri karena tugas dari perusahaan tempat dia bekerja. "Aku harus pergi sekarang," ungkap Hani. Arif mencoba mencegahnya, "Tunggu... Sebelum kau pergi, aku ingin mengungkapkan sesuatu yang telah kupendam selama ini kepadamu. Jika aku telah mengungkapkannya, aku akan merasa lega dan rela melepas engkau pergi." Hani menuruti kata-kata Arif. Arif pun menggunakan kesempatan yang sedikit itu untuk berbicara mengenai perasaannya kepada Hani.

Tiba-tiba angin bertiup kencang. Perlahan Hani dilihatnya terbang menjadi debu dan menghilang entah ke mana. Arif menyadari hal itu, dan melepasnya dengan rela.

Arif terjaga dari tidurnya. Diingatnya mimpi yang baru saja terjadi. Perasaan lega menyelimuti hatinya. "Memang inilah yang seharusnya terjadi. Aku telah siap untuk hari-hariku yang baru, dan mulai belajar mengungkapkan sesuatu yang seharusnya tak aku simpan terlalu lama."

Tidak ada komentar:

Baca Juga Flash Fiction di Bawah Ini