Flash fiction adalah karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek (cerpen). Walaupun tidak ada ukuran jelas tentang berapa ukuran maksimal sebuah flash fiction, umumnya karya ini lebih pendek dari 1000 atau 2000 kata. Sebagai perbandingan, ukuran cerita pendek (cerpen) berkisar antara 2.000 dan 20.000 kata.

Minggu, 06 Maret 2011

Kisah Dua Ekor Kambing

Seekor induk kambing dan anaknya berjalan menyusuri jalanan di sebuah komplek perumahan. Kebetulan mereka bertemu dg sekelompok pemuda yang berjalan sempoyongan karena mabuk dan bercanda tawa sesama mereka. Induk kambing berkata kepada anaknya, "Ibu kasihan melihat mereka."

"Kenapa Ibu kasihan pd mereka?" tanya sang anak. Induk kambing pun menjawab, "Nasib mereka lebih buruk dari kita. Mereka memperoleh kebahagiaan semu yg sementara, namun setelah itu mereka akan berjalan menuju neraka."

Tak lama kemudian dua ekor kambing itu berpapasan dg sekelompok pemuda berpakaian rapi yg sedang dalam perjalanan ke mesjid. Induk kambing berkata, "Ibu iri pd mereka." Mendengar hal itu sang anak pun bertanya, "Kenapa Ibu iri pd mereka?"

"Nasib mereka lebih baik dari kita. Mereka mampu menahan diri sehingga suatu saat nanti Tuhan akan memberi mereka kenikmatan berupa surga."

Tidak ada komentar:

Baca Juga Flash Fiction di Bawah Ini