Flash fiction adalah karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek (cerpen). Walaupun tidak ada ukuran jelas tentang berapa ukuran maksimal sebuah flash fiction, umumnya karya ini lebih pendek dari 1000 atau 2000 kata. Sebagai perbandingan, ukuran cerita pendek (cerpen) berkisar antara 2.000 dan 20.000 kata.

Rabu, 26 Januari 2011

Lukisan Raja Rimba

Raja Rimba berkeliling melihat keadaan negerinya yang tampak begitu tenang. "Negeri ini begitu bersih, tenang, dan damai," ujar Raja Rimba. Perdana Menteri yang berdiri di samping Raja Rimba, menanggapi ucapan Raja Rimba, "Itu semua berkat kepemimpinan Anda, Yang Mulia." Raja Rimba kemudian pergi pulang menuju istananya.

Tak berapa lama setelah kepergian Raja Rimba, para rakyat yang sejak tadi bersembunyi keluar dari persembunyiannya. Salah seorang dari mereka berkata, "Kenapa Perdana Menteri menghalang-halangi kita bertemu dengan Raja Rimba? Sesungguhnya kami ingin bicara dengan Raja Rimba tentang keadaan negeri yang sedang kacau."

Sementara itu Raja Rimba tersenyum memandangi lukisan di dinding istana yang begitu indah, lukisan yang memperlihatkan keadaan negeri yang bersih, tenang, dan damai yang dihadiahkan Perdana Menteri kepadanya.

Tidak ada komentar:

Baca Juga Flash Fiction di Bawah Ini