Flash fiction adalah karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek (cerpen). Walaupun tidak ada ukuran jelas tentang berapa ukuran maksimal sebuah flash fiction, umumnya karya ini lebih pendek dari 1000 atau 2000 kata. Sebagai perbandingan, ukuran cerita pendek (cerpen) berkisar antara 2.000 dan 20.000 kata.

Sabtu, 29 Januari 2011

Pak Bambang vs Pak Rahmat

Pak Bambang senang sekali bisa bertemu dengan Pak Rahmat, temannya semasa SMA dulu. "Wah, sudah lama sekali ya kita nggak ketemu. Gimana kabarnya keluargamu? Anak yang paling gede di mana sekarang?" tanya Pak Bambang ke Pak Rahmat.

"Alhamdulillah sehat-sehat semua, Pak Bambang. Yah, walau pun saya cuma jd buruh pabrik, Alhamdulillah kebutuhan keluarga kami masih terpenuhi. Yang paling gede udah tamat SMA dan sekarang kerja di sebuah rumah makan," jawab Pak Rahmat. "Pak Bambang sendiri gimana?" Pak Rahmat balik bertanya.

"Itulah Pak, anak sulung saya itu, yang kuliah di luar negeri, butuh biaya lagi buat kuliahnya. Katanya dia butuh mobil pula supaya kegiatan perkuliahannya lancar. Padahal udah saya beliin motor. Biaya hidup kayaknya udah makin tinggi aja. Biaya listrik untuk AC, kulkas, tv, biaya untuk BBM, gas elpiji, semuanya naik. Mana keuntungan perusahaan saya turun lagi bulan ini. Huff.. Pusing saya.." Pak Rahmat cuma tersenyum mendengar keluhan Pak Bambang.

Tidak ada komentar:

Baca Juga Flash Fiction di Bawah Ini